Rabu, 24 Mei 2017

KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR

Ternyata selama ini kita telah mengabaikan sebuah kekuatan yang sangat besar dalam diri kita. Kita terlalu terfokus pada kekuatan sadar kita. Padahal, kekuatan alam bawah sadar kita mendominasi diri kita.....

Benarkah alam bawah sadar itu ada?Sebagai langkah awal untuk membuktikannya, mari kita perhatikan beberapa aktivitas kita sehari-hari. Salah satunya adalah ketika kita mendengar suatu ledakan yang keras. Tanpa perlu kita perintah, tangan kita akan segera menutup telinga. Hal yang sama juga terjadi saat kita mengalami suatu gangguan fisik, misalnya diserang orang secara tiba-tiba. Tanpa perlu kita susun rencana terlebih dahulu, tubuh kita akan melakukan gerakan refleks dengan menangkisnya.

Kita mungkin juga pernah mengendari mobil atau motor sambil melamun. Tanpa kita sadari, kita telah sampai pada tempat yang kita tuju. Pertanyaannya adalah, apa yang menggerakkan kita hingga tangan kita bergerak tanpa kita sadari? Jawabannya tentu saja adalah bahwa alam bawah sadar telah merekam apa yang telah dilihat atau dirasakan oleh panca indera, sehingga tanpa perlu diperintah akan melakukan segala sesuatu yang memang harus dilakukan tanpa perlu suatu kesadaran.

Hal di atas hanya beberapa contoh ringan yang sering kita temui dalam kegiatan sehari-hari. Contoh lain tentang bukti nyata yang tak terbantahkan akan keberadaan alam bawah sadar adalah mimpi saat kita tidur terutama mimpi tentang suatu kejadian atau orang-orang dari masa lalu kita. Demikian juga tentang kecanduan terhadap sesuatu. Misalnya rokok atau masturbasi. mengapa kita sulit untuk menghentikannya? Meskipun ada penelitian ilmiah menyebutkan bahwa keinginan merokok karena adanya zat-zat tertentu dalam tubuh yang dibawa bersamaan dengan saat kita merokok, namun hal yang paling nyata adalah bahwa yang namanya rokok sudah tertanam kuat pada alam bawah sadar kita.

Sam halnya dengan masturbasi. Kecanduan masturbasi tidak hanya disebabkan oleh ketiadaan obyek pelampiasan hasrat seksual saja, tetapi karena masturbasi telah tercokol di alam bawah sadar dengan kuat.

Bukti tentang keberadaan alam bawah sadar pada diri seseorang tidak hanya bersifat spontanitas atau memoritas saja seperti contoh kasus-kasus di atas. Alam bawah sadar kadang-kadang muncul ke permukaan tanpa disadari oleh pemiliknya justru karena dipicu oleh keadaan terdesak, tertekan, atau terdorong oleh daya yang kuat dari luar. Dalam banyak kasus, pemicu itu berasal dari dorongan primitif yaitu insting untuk mempertahankan diri. Alam bawah sadar tersebut menstimulasi organ-oragan tubuh kita hingga menjadi jauh lebih baik.

Misalnya saja ketika seseorang dikejar anjing gila. Karena ketakutan yang hebat hingga kemudian ia mampu melompati pagar tinggi yang ketika berada dalam keadaan normal ((tanpa dikejar anjing gila) perbuatan tersebut adalah sesuatu yang tampak mustahil dilakukan. Demikian pula dengan cerita seorang nenek yang mampu mengangkat sebuah televisi besar untuk menyelamatkannya dari kobaran api saat kebakaran. Jangankan mengangkat televisi, untuk berjalan saja si nenek terseok-seok.

Pada tahun 1962, majalah kedokteran Kyushi keluaran Jepang melaporkan bagaimana sistem kekebalan anak-anak Jepang bereaksi terhadap sesuatu yang mereka anggap nyata. Anak-anak itu setelah ditutup matanya, diberitahu bahwa tanaman yang tengah digosok-gosokkan ke tangan mereka adalah tanaman beracun. Segera setelah itu, mereka mengeluarkan reaksi-reaksi alergi yang keras pada tangan mereka,seperti pembengkakkan, kulit menjadi kemerah-merahan, dan gatal-gatal. Namun, ketika kemudian diberitahu bahwa yang digosokkan ke tangan mereka  adalah zat yang tidak berbahaya, reaksi-reaksi tersebut ternyata tidak muncul. Nah, disitulah alam bawah sadar manusia bekerja.

Dari contoh kasus ini, dapat kita lihat bahwa apa yang terjadi pada diri dan kehidupan kita kebanyakan dibatasi oleh apa yang tertanam dalam alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar tidak pernah bisa membedakan antara imajinasi dengan kenyataan. Alam bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun tidak nyata. Saat alam bawah sadar mendapat perintah atau saran sesuatu yang bersifat positif, maka seluruh pikiran bawah sadar akan dipenuhi oleh perintah tersebut. Saat Anda menanamkan sikap positif, optimis, percaya diri, yakin, dan berbagai hal baik lainnya, maka alam bawah sadar Anda akan membaca hal tersebut. Anda akan merasakan semua hal tersebut pada tubuh dan pikiran Anda sepanjang hari.

Akan tetapi, jika pikiran bawah sadar tertanam perintah rasa pesimis, ragu-ragu, minder, serta hal negatif lainnya, maka semua yang tergambar tersebut akan menjelma menjadi kenyataan. Seharian Anda akan kebingungan, malas, rendah diri, mudah menyerah serta hal buruk lainnya yang seharusnya tidak ada dalam pikiran dan diri Anda.

Alam bawah sadar bekerja menuruti perintah dan saran yang diberikan alam sadar. Alam bawah sadar tidak pernah membantah apa yang diperintahkan kepadanya, tidak bisa memberi pertimbangan, hanya akan patuh pada apa yang diperintahkan dan disarankan oleh pikiran sadar. Apa saja saran atau perintah yang diberikan pada alam bawah sadar, entah suatu kebaikan atau kebuirukan, positif atau negatif, maka akan dibaca sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan.

Michael T Hall dan Bob Bodenhamer, pakar Neuro Linguistic Programming memberikan penjelasan bahwa diri kita dapat diibaratkan sebagai sebuah perpustakaan yang memiliki sistem operasionalnya sendiri, namun kondisinya gelap gulita. Kemudian kita menggunakan senter yang menyalanya kira-kira bisa menerangi 1 meter persegi secara terang dan sebagian remang-remang. Sisanya yang lebih luas tentu saja gelap gulita. Alam sadar adalah daerah terang yang disorot senter itu, sisanya adalah alam selain alam sadar. Alam lain tersebut tak lain adalah alam bawah sadar yang nyatanya lebih besar dan luas, namun tidak tertangkap oleh pikiran kita. Jadi, alam bawah sadar adalah suatu fungsi pikiran yang tidak berada dalam dataran kesadaran kita.

Dalam proyeksi kehidupan, alam bawah sadar ini merupakan sebuah gudang yang luas, yang menyimpan semua pengalaman hidup kita, citra diri kita dan kekuatan maha dahsyat yang menunggu untuk digali. Kekuatan alam bawah sadar yang begitu besar tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bahkan sampai tujuh kali lebih cepat.

Banyak ahli menyebutkan, bahwa selama ini kita hanya menggunakan 12% dari kemampuan diri kita yang sebenarnya. Sisanya yang 88% dibiarkan pasif. Perumpamaannya adalah seperti gunung es. Yang muncul kepermuakaan hanyalah sebagian kecil dari gunung es yang sebenarnya. Sisanya tenggelam. Begitulah diri kita yang sesungguhnya. Ternyata selama ini kita telah mengabaikan sebuah kekuatan yang sangat besar dalam diri kita. Kita terlalu terfokus pada kekuatan sadar kita yang hanya 12% tersebut.

Meski begitu, toh pada kenyataannya begitu banyak keajaiban yang dapat ditemukan umat manusia dengan hanya mengandalkan sedikit dari kekuatan dirinya yang sesungguhnya. Sebut saja misalnya bagaimana manusia bisa membuat alat yang mampu mengantarkan manusia ke bulan, menempuh jarak yang jauh dalam waktu singkat dengan mesin jet, atau membentuk serangkaian kata atau kalimat dengan cepat melalui komputer dan seterusnya.

Padahal, kekuatan alam bawah sadar tersebut adalah anugerah Tuhan yang ada di dalam setiap diri manusia bahkan sejak menusia masih berada di dalam rahim ibu. Alam bawah sadar, selain alam sadar itu sendiri, adalah bekal kekuatan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di bumi ini. Tujuan utamanya adalah agar  manusia senantiasa mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan berbagai tugas dan perannya dalam kehidupan tersebut. Namun entah mengapa manusia tidak bisa mengelola kekuatan alam bawah sadar tersebut sebagai kekuatan yang tidak terbatas, tetapi hanya malah terfokus dan terombang-ambing dengan kekuatan alam sadar yang terbatas tersebut.

Bukankah manusia meyakini bahwa di dalam dirinya ada kekuatan zat Tuhan yang Maha Tak Terbatas? Bahkan di dalam ajaran agama telah dijelaskan bahwa Tuhan itu lebih dekat dari urat nadi, bahkan disebutkan bahwa hatinya orang yang beriman adalah singgasananya Tuhan? Bararti disini sangat jelas, bahwa kekuatan zat Tuhan ada dalam setiap diri manusia, bahkan ada di setiap wujud dan gerak dari segala sesuatu yang ada di jagad raya alam semesta ini.

Selama ini kita ternyata sebagai manusia telah mengklaim diri kita sendiri tidak mampu atau tidak bisa melakukan hal-hal yang menurut diri kita tidak logis. Seandainya saja kita menyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa diri kita setiap saatnya bersama Tuhan, maka tentu tidak ada yang tidak mungkin terjadi, bahkan kalau mau sedikit berlebihan dapat dikatakan semuanya harus dan pasti terjadi.

Kekuatan alam bawah sadar adalah kekuatan zat Tuhan yang ada di dalam setiap diri manusia, berupa energi yang tersimpan sangat dalam dan terkoneksi ke seluruh titik koordinat yang ada di tubuh manusia itu sendiribahkan sampai ke seluruh jagat raya. Dia akan muncul dan bisa difungsikan sesuai dengan kehendak manusia jika saja manusia tersebut menyadari kodrat jati diri yang sesungguhnya, yaitu bahwa manusia tidaklah sendiri, melainkan selalu bersama dengan Tuhanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar