RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah : Askeb Kb
Semester : III
SKS : 2 SKS
Kode Mata Kuliah : AskebKB
Program Studi : DIII Kebidanan
Dosen : Niken
Larasari
Pertemuan ke- : 1
Capaian Pembelajaran :
1. Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal (aspek kognitif)
2. Mahasiswa
mampu memberikan pendidikan kesehatan pada pasien(aspek
psikomotor)
3. Mahasiswa
mampu mendeskripsikan macam-macam alat kontrasepsi Hormonal (aspek afektif)
NO
|
ASPEK PEMBELAJARAN
|
PENJELASAN
|
|
1
|
Kemampuan
akhir yang diharapkan.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian KB Hormonal
Mahasiswa
mampu menjelaskan tujuan KB
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB
Mahasiswa
mampu memberikan umpan balik ketika diskusi
|
|
2
|
Bahan
Kajian
|
Konsep dasar Keluarga
Berencana
|
|
3
|
Metode
Pembelajaran
|
Ceramah dan diskusi
|
|
4
|
Media
Pembelajaran
|
Video, LCD, Powerpoint
|
|
5
|
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
·
Pembukaan
|
Kuis, brainstorming
|
20
|
|
·
Penyajian
|
Ceramah awal pembukaan
|
60
|
|
·
Penutup
|
Kesimpulan
|
20
|
6
|
Tugas
|
Merangkum KB Hormonal,
cara kerja, indikasi dan kontra indikasi.
|
|
7
|
Kriteria
Penilaian
|
Nilai pretest, dan diskusi
|
|
8
|
Referensi
|
Manuaba, Ida Bagus Gde.
Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan,
Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar
Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC, Jakarta,
2007
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah : Askeb Kb
Semester : III
SKS : 2 SKS
Kode Mata Kuliah : AskebKB
Program Studi : DIII Kebidanan
Dosen : Niken
Larasari
Pertemuan ke- : 2
Capaian Pembelajaran :
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal
Rumusan
tujuan pembelajaran:
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Hormonal
dengan benar
Mahasiswa mampu menyebutkan KB hormonal
beserta cara kerjanya
Indikator :
Menjelaskan konsep dasar KB,
NO
|
ASPEK PEMBELAJARAN
|
PENJELASAN
|
|
1
|
Kemampuan akhir yang diharapkan.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian KB hormonal
Mahasiswa
mampu menjelaskan KB Hormonal Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan cara kerja dari Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan indikasi dan kontra indikasi
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan KB Suntik dan cara kerja dari KB suntik
Mahasiswa
mampu menjelaskan indikasi dan kontraindikasi KB Suntik
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB suntik
Mahasiswa
mampu menjelaskan Implan dan cara kerja Implan
Mahasisa
mampu menjelaskan Indikasi dan kontra indikasi dari Implan
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Implan
|
|
2
|
Bahan Kajian
|
Konsep
dasar Keluarga Berencana
|
|
3
|
Metode Pembelajaran
|
Ceramah
dan diskusi
|
|
4
|
Media Pembelajaran
|
Video,
LCD, Powerpoint
|
|
5
|
Pendekatan
pembelajaran
|
Student
center learning
|
|
6
|
Strategi
pembelajaran
|
Pada
awal perkuliahan diberikan pertanyaan atau pernyataan tentang riset KB,
sehingga menarik mahasiswa. Kemudian mencari feedback pengalaman atau pengetahuan
seputar KB Hormonal.
|
|
7
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
·
Pembukaan
|
Brainstorming,
motivasi
|
20
|
|
·
Penyajian
|
Ceramah
awal pembukaan
|
60
|
|
·
Penutup
|
Kesimpulan
materi yang dijelaskan
|
20
|
8
|
Tugas
|
Membuat
gambar dan bagan KB Hormonal beserta cara kerjanya
|
|
9
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai pretest, dan diskusi
|
|
10
|
Referensi
|
Manuaba, Ida Bagus Gde.
Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan,
Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar
Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen
Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC,
Jakarta, 2007
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah : Askeb Kb
Semester : III
SKS : 2 SKS
Kode Mata Kuliah : AskebKB
Program Studi : DIII Kebidanan
Dosen : Niken
Larasari
Pertemuan ke- : 2
Capaian Pembelajaran :
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB Nom Hormonal
Rumusan
tujuan pembelajaran:
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Non
Hormonal dengan benar
Mahasiswa mampu menyebutkan KB hormonal
beserta cara kerjanya
Indikator :
Menjelaskan konsep dasar KB,
NO
|
ASPEK PEMBELAJARAN
|
PENJELASAN
|
|
1
|
Kemampuan akhir yang diharapkan.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian KB non hormonal
Mahasiswa
mampu menjelaskan KB non Hormonal Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan cara kerja dari Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan indikasi dan kontra indikasi
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Pil
Mahasiswa
mampu menjelaskan KB Suntik dan cara kerja dari KB kondom
Mahasiswa
mampu menjelaskan indikasi dan kontraindikasi KB kondom
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB kondom
Mahasiswa
mampu menjelaskan Implan dan cara kerja IUD
Mahasisa
mampu menjelaskan Indikasi dan kontra indikasi dari IUD
Mahasiswa
mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB IUD
|
|
2
|
Bahan Kajian
|
Konsep
dasar Keluarga Berencana
|
|
3
|
Metode Pembelajaran
|
Ceramah
dan diskusi
|
|
4
|
Media Pembelajaran
|
Video,
LCD, Powerpoint
|
|
5
|
Pendekatan
pembelajaran
|
Student
center learning
|
|
6
|
Strategi
pembelajaran
|
Pada
awal perkuliahan diberikan pertanyaan atau pernyataan tentang riset KB,
sehingga menarik mahasiswa. Kemudian mencari feedback pengalaman atau pengetahuan
seputar KB Hormonal.
|
|
7
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
·
Pembukaan
|
Brainstorming,
motivasi
|
20
|
|
·
Penyajian
|
Ceramah
awal pembukaan
|
60
|
|
·
Penutup
|
Kesimpulan
materi yang dijelaskan
|
20
|
8
|
Tugas
|
Membuat
gambar dan bagan KB Hormonal beserta cara kerjanya
|
|
9
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai pretest, dan diskusi
|
|
10
|
Referensi
|
Manuaba, Ida Bagus Gde.
Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan,
Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar
Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen
Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC,
Jakarta, 2007
|
RPS
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana
Semester : III
SKS : 2 SKS (T: 1, P:1)
Kode Mata Kuliah : AskebKB
Program Studi : D3 Kebidanan
Dosen : Niken Larasari S.Tr. Keb
Capaian Pembelajaran :
1. Mahasiswa
mampu memberikan Asuhan Kebidanan pada Keluarga Berencana (aspek kognitif)
2. Mahasiswa
mampu memberikan pelayanan dan mempraktikkan dengan benar atas prosedur KB (aspek psikomotor)
3. Mahasiswa
mampu mengaplikasikan konsep dasar asuhan kebidanan KB(aspek afektif)
Minggu Ke-
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian (Materi Ajar)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kriteria
(Indikator )
Penilaian
|
Bobot Nilai
|
1.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep dasar Kontrasepsi
|
Konsep
dasar Keluarga Berencana
|
Ceramah
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Keaktifan
didalam kelas
2.Pretest
3.Diskusi
|
10 %
|
2.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal
|
Materi
tentang KB Hormonal (Suntik, pil, Implant)
|
Ceramah
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Pretest
2.Diskusi
|
5%
|
3.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan cara kerja Indikasi dan kontraindikasi dari KB hormonal
|
Materi
tentang KB Hormonal (Suntik, Pil, Implant)
|
Presentasi
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Diskusi
2.Posttest
|
5%
|
4.
|
Mahasiswa
mampu memberikan Penkes tentang KB Hormonal
|
Prosedur
pemberian Penkes tentang KB (Suntik, pil, Implant)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
5%
|
5.
|
Mahasiswa
mampu melakukan roleplay dalam pelayanan KB Hormonal
|
Checklist
prosedur tentang KB Hormonal (Suntik, Pil, Implant)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
10%
|
6.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan macam-macam KB Non Hormonal
|
Materi
tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP)
|
Ceramah
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Pretest
2.Diskusi
|
5%
|
7.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan cara kerja Indikasi dan kontraindikasi dari KB Non Hormonal
|
Materi
tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
|
Presentasi
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Postest
2.Diskusi
|
5%
|
8.
|
Mahasiswa
mampu memberikan Penkes tentang KB Non Hormonal
|
Materi
tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
5%
|
9.
|
Mahasiswa
mampu melakukan roleplay dalam pelayanan KB Non Hormonal
|
Checklist
prosedur tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
10%
|
10.
|
Mahasiswa
mampu menyebutkan beberapa macam KB alami
|
Materi
tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
|
Ceramah
dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Pretest
2.Diskusi
|
5%
|
11.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan cara kerja dari KB Alami
|
Materi
tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
|
Presen
tasi dan Diskusi
|
100
menit
|
1.Postest
2.Diskusi
|
5%
|
12.
|
Mahasiswa
mampu memberikan Penkes tentang KB alami
|
Materi
tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
5%
|
13.
|
Mahasiswa
mampu melakukan Roleplay atas KB Alami
|
Materi
tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
|
Roleplay
|
100
menit
|
Roleplay
|
10%
|
14.
|
Mahasiswa
mampu membedakan KB Hormonal, Non Homonal, dan KB alamiah
|
Materi
KB
|
Ceramah
dan Diskusi
|
100 menit
|
1.Postest
Diskusi
|
5%
|
|
JUMLAH
|
|
|
1400
Jam
|
|
100%
|
REFERENSI:
Manuaba,
Ida Bagus Gde. Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu
Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES.
RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto,
Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi,
Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004
EGC,
Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen
Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC,
Jakarta, 2007
PENJELASAN PENGISIAN RPS
JUDUL KOLOM
|
PENJELASAN
|
Capaian Pembelajaran
|
Rumusan kompetensi yang dibebankan kepada lulusan melalui mata kuliah
ini.
|
Minggu Ke-
|
Menunjukan kapan suatu kegiatan dilaksanakan, yakni mulai minggu ke 1
sampai ke 16 (satu semester ).
|
Kemampuan
Akhir yang Diharapkan
|
Rumusan kemampuan di bidang kognitif, psikomotorik, dan afektif
diusahakan lengkap dan utuh (hard skills & soft skills).
Merupakan tahapan kemampuan yang diharapkan dapat mencapai kompetensi
mata kuliah ini di akhir semester.
|
Bahan
Kajian (Materi Ajar)
|
Bisa diisi pokok bahasan / sub pokok bahasan, atau topik bahasan.
(dengan asumsi tersedia diktat/modul ajar untuk setiap pokok bahasan)
|
Bentuk
Pembelajaran
|
bisa berupa : ceramah, diskusi, presentasi tugas, seminar, simulasi,
responsi, praktikum, latihan, kuliah lapang, praktek bengkel, survai
lapangan, bermain peran,atau gabungan berbagai bentuk.
Penetapan bentuk pembelajaran didasarkan pada keniscayaan bahwa
kemampuan yang diharapkan diatas akan tercapai dengan bentuk/ model
pembelajaran tersebut.
|
Alokasi Waktu
|
Waktu
yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran
|
Kriteria
(Indikator )
Penilaian
|
berisi : indikator yang dapat menunjukan pencapaian kemampuan yang
dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif misal ketepatan analisis, kerapian sajian,
kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa juga yang kuantitatif:
banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas, kebenaran hitungan).
|
Bobot
Nilai
|
disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau
mengerjakan tugas, atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap
pencapaian kompetensi mata kuliah ini.
|
Referensi
|
Semua pustaka (buku ajar, jurnal, diktat) yang digunakan sebagai
rujukan materi ajar dalam mata kuliah ini.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar