Rabu, 30 Maret 2016

RPP dan RPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Kuliah                  :  Askeb Kb
Semester                       :  III
SKS                              : 2 SKS
Kode Mata Kuliah        :  AskebKB
Program Studi               : DIII Kebidanan
Dosen                            : Niken Larasari
Pertemuan ke-               :  1

Capaian Pembelajaran   :
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal (aspek kognitif)
2.      Mahasiswa mampu memberikan pendidikan kesehatan pada pasien(aspek psikomotor)
3.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan macam-macam alat kontrasepsi Hormonal  (aspek afektif)

NO
ASPEK PEMBELAJARAN
PENJELASAN
1
Kemampuan akhir yang diharapkan.
Mahasiswa mampu menjelaskan  pengertian KB Hormonal
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan KB
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB
Mahasiswa mampu memberikan umpan balik ketika diskusi
2
Bahan Kajian
Konsep dasar Keluarga Berencana
3
Metode Pembelajaran
Ceramah dan diskusi
4
Media Pembelajaran
Video, LCD, Powerpoint
5
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Waktu (menit)

·      Pembukaan
Kuis, brainstorming
20

·      Penyajian
Ceramah awal pembukaan
60

·      Penutup
Kesimpulan
20
6
Tugas
Merangkum KB Hormonal, cara kerja, indikasi dan kontra indikasi.
7
Kriteria Penilaian
Nilai pretest, dan diskusi
8
Referensi
Manuaba, Ida Bagus Gde. Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC, Jakarta, 2007



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Kuliah                  :  Askeb Kb
Semester                       :  III
SKS                              : 2 SKS
Kode Mata Kuliah        :  AskebKB
Program Studi               : DIII Kebidanan
Dosen                            : Niken Larasari
Pertemuan ke-               :  2

Capaian Pembelajaran   :
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal

Rumusan tujuan pembelajaran:
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Hormonal dengan benar
Mahasiswa mampu menyebutkan KB hormonal beserta cara kerjanya

Indikator :
Menjelaskan konsep dasar KB,
NO
ASPEK PEMBELAJARAN
PENJELASAN
1
Kemampuan akhir yang diharapkan.
Mahasiswa mampu menjelaskan  pengertian KB hormonal
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Hormonal Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja dari Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan indikasi dan kontra indikasi
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Suntik dan cara kerja dari KB suntik
Mahasiswa mampu menjelaskan indikasi dan kontraindikasi KB Suntik
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB suntik
Mahasiswa mampu menjelaskan Implan dan cara kerja Implan
Mahasisa mampu menjelaskan Indikasi dan kontra indikasi dari Implan
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Implan
2
Bahan Kajian
Konsep dasar Keluarga Berencana
3
Metode Pembelajaran
Ceramah dan diskusi
4
Media Pembelajaran
Video, LCD, Powerpoint
5
Pendekatan pembelajaran
Student center learning
6
Strategi pembelajaran
Pada awal perkuliahan diberikan pertanyaan atau pernyataan tentang riset KB, sehingga menarik mahasiswa. Kemudian mencari feedback pengalaman atau pengetahuan seputar KB Hormonal.
7
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Waktu (menit)

·      Pembukaan
Brainstorming, motivasi
20

·      Penyajian
Ceramah awal pembukaan
60

·      Penutup
Kesimpulan materi yang dijelaskan
20
8
Tugas
Membuat gambar dan bagan KB Hormonal beserta cara kerjanya
9
Kriteria Penilaian
Nilai pretest, dan diskusi
10
Referensi
Manuaba, Ida Bagus Gde. Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC, Jakarta, 2007























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Kuliah                  :  Askeb Kb
Semester                       :  III
SKS                              : 2 SKS
Kode Mata Kuliah        :  AskebKB
Program Studi               : DIII Kebidanan
Dosen                            : Niken Larasari
Pertemuan ke-               :  2

Capaian Pembelajaran   :
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB Nom Hormonal

Rumusan tujuan pembelajaran:
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Non Hormonal dengan benar
Mahasiswa mampu menyebutkan KB hormonal beserta cara kerjanya

Indikator :
Menjelaskan konsep dasar KB,
NO
ASPEK PEMBELAJARAN
PENJELASAN
1
Kemampuan akhir yang diharapkan.
Mahasiswa mampu menjelaskan  pengertian KB non hormonal
Mahasiswa mampu menjelaskan KB non Hormonal Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja dari Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan indikasi dan kontra indikasi
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB Pil
Mahasiswa mampu menjelaskan KB Suntik dan cara kerja dari KB kondom
Mahasiswa mampu menjelaskan indikasi dan kontraindikasi KB kondom
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB kondom
Mahasiswa mampu menjelaskan Implan dan cara kerja IUD
Mahasisa mampu menjelaskan Indikasi dan kontra indikasi dari IUD
Mahasiswa mampu menjelaskan Keuntungan dan kerugian KB IUD
2
Bahan Kajian
Konsep dasar Keluarga Berencana
3
Metode Pembelajaran
Ceramah dan diskusi
4
Media Pembelajaran
Video, LCD, Powerpoint
5
Pendekatan pembelajaran
Student center learning
6
Strategi pembelajaran
Pada awal perkuliahan diberikan pertanyaan atau pernyataan tentang riset KB, sehingga menarik mahasiswa. Kemudian mencari feedback pengalaman atau pengetahuan seputar KB Hormonal.
7
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Waktu (menit)

·      Pembukaan
Brainstorming, motivasi
20

·      Penyajian
Ceramah awal pembukaan
60

·      Penutup
Kesimpulan materi yang dijelaskan
20
8
Tugas
Membuat gambar dan bagan KB Hormonal beserta cara kerjanya
9
Kriteria Penilaian
Nilai pretest, dan diskusi
10
Referensi
Manuaba, Ida Bagus Gde. Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC, Jakarta, 2007









RPS

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


Mata Kuliah                  :  Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana
Semester                       :  III
SKS                              : 2 SKS (T: 1, P:1)   
Kode Mata Kuliah        :  AskebKB
Program Studi               : D3 Kebidanan
Dosen                            :  Niken Larasari S.Tr. Keb

Capaian Pembelajaran   :
1.      Mahasiswa mampu memberikan Asuhan Kebidanan pada Keluarga Berencana  (aspek kognitif)
2.      Mahasiswa mampu memberikan pelayanan dan mempraktikkan dengan benar atas prosedur KB (aspek psikomotor)
3.      Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar asuhan kebidanan KB(aspek afektif)


Minggu Ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian (Materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kriteria (Indikator )
Penilaian
Bobot Nilai
1.       
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar Kontrasepsi
Konsep dasar Keluarga Berencana
Ceramah dan Diskusi
100 menit
1.Keaktifan didalam kelas
2.Pretest
3.Diskusi
10 %
2.       
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB Hormonal
Materi tentang KB Hormonal (Suntik, pil, Implant)
Ceramah dan Diskusi
100 menit
1.Pretest
2.Diskusi
5%
3.       
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja Indikasi dan kontraindikasi dari KB hormonal
Materi tentang KB Hormonal (Suntik, Pil, Implant)
Presentasi dan Diskusi
100 menit
1.Diskusi
2.Posttest
5%
4.       
Mahasiswa mampu memberikan Penkes tentang KB Hormonal
Prosedur pemberian Penkes tentang KB (Suntik, pil, Implant)
Roleplay
100 menit
Roleplay
5%
5.       
Mahasiswa mampu melakukan roleplay dalam pelayanan KB Hormonal
Checklist prosedur tentang KB Hormonal (Suntik, Pil, Implant)
Roleplay
100 menit
Roleplay
10%
6.       
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam KB Non Hormonal
Materi tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP)
Ceramah dan Diskusi
100 menit
1.Pretest
2.Diskusi
5%
7.       
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja Indikasi dan kontraindikasi dari KB Non Hormonal
Materi tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
Presentasi dan Diskusi
100 menit
1.Postest
2.Diskusi
5%
8.       
Mahasiswa mampu memberikan Penkes tentang KB Non Hormonal
Materi tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
Roleplay
100 menit
Roleplay
5%
9.       
Mahasiswa mampu melakukan roleplay dalam pelayanan KB Non Hormonal
Checklist prosedur tentang KB Non Hormonal (IUD, MOW, MOP, spermatisida, kondom)
Roleplay
100 menit
Roleplay
10%
10.   
Mahasiswa mampu menyebutkan beberapa macam KB alami
Materi tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
Ceramah dan Diskusi
100 menit
1.Pretest
2.Diskusi
5%
11.   
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja dari KB Alami
Materi tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
Presen tasi dan Diskusi
100 menit
1.Postest
2.Diskusi
5%
12.   
Mahasiswa mampu memberikan Penkes tentang KB alami
Materi tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
Roleplay
100 menit
Roleplay
5%
13.   
Mahasiswa mampu melakukan Roleplay atas KB Alami
Materi tentang KB Alami (Kalender, Suhu basal, Coitus Interuptus, pantang berkala)
Roleplay
100 menit
Roleplay
10%
14.   
Mahasiswa mampu membedakan KB Hormonal, Non Homonal, dan KB alamiah
Materi KB
Ceramah dan Diskusi
100 menit
1.Postest Diskusi
5%

JUMLAH


1400 Jam

100%

REFERENSI:
Manuaba, Ida Bagus Gde. Prof.dr.DOSG. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Jakarta : EGC
DEPKES. RI. 2004. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta : YBP-SP.
Hartanto, Hanafi, dr. KB dan Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004
EGC, Obstetri, Williams Edisi 21, 2006
Helen Vareny dkk, Buku Asuhan Kebidnaan, EGC, Jakarta, 2007


PENJELASAN PENGISIAN RPS

JUDUL KOLOM
PENJELASAN
Capaian Pembelajaran
Rumusan kompetensi yang dibebankan kepada lulusan melalui mata kuliah ini.
Minggu Ke-
Menunjukan kapan suatu kegiatan dilaksanakan, yakni mulai minggu ke 1 sampai ke 16 (satu semester ).

Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Rumusan kemampuan di bidang kognitif, psikomotorik, dan afektif diusahakan lengkap dan utuh (hard skills & soft skills).

Merupakan tahapan kemampuan yang diharapkan dapat mencapai kompetensi mata kuliah ini di akhir semester.

Bahan Kajian (Materi Ajar)
Bisa diisi pokok bahasan / sub pokok bahasan, atau topik bahasan. (dengan asumsi tersedia diktat/modul ajar untuk setiap pokok bahasan)

Bentuk Pembelajaran
bisa berupa : ceramah, diskusi, presentasi tugas, seminar, simulasi, responsi, praktikum, latihan, kuliah lapang, praktek bengkel, survai lapangan, bermain peran,atau gabungan berbagai bentuk.

Penetapan bentuk pembelajaran didasarkan pada keniscayaan bahwa kemampuan yang diharapkan diatas akan tercapai dengan bentuk/ model pembelajaran tersebut.

Alokasi Waktu

Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran

Kriteria (Indikator )
Penilaian
berisi : indikator yang dapat menunjukan pencapaian kemampuan yang dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif  misal ketepatan analisis, kerapian sajian, kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa juga yang kuantitatif: banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas, kebenaran hitungan).

Bobot Nilai
disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengerjakan tugas, atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap pencapaian kompetensi mata kuliah ini.

Referensi
Semua pustaka (buku ajar, jurnal, diktat) yang digunakan sebagai rujukan materi ajar dalam mata kuliah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar